Bagaimana membangun skor kredit Anda di AS sebagai siswa internasional

Pindah ke negara baru itu menantang – secara pribadi, profesional, dan bahkan finansial. Bahkan jika Anda memiliki catatan kredit yang luar biasa di India, Anda masih harus mulai membangun kehidupan finansial Anda dari nol di A.S.

Selain itu, skor kredit di AS adalah ballgame yang sama sekali berbeda – Anda memerlukan skor kredit yang bagus untuk hal-hal dasar seperti mendapatkan paket ponsel, menyewa rumah, mendapatkan asuransi, membeli mobil, dan terkadang bahkan melamar pekerjaan !

Sebagai siswa internasional tanpa skor kredit AS, Anda mungkin harus membayar uang jaminan yang sangat tinggi untuk hal-hal seperti menyewa rumah atau mendapatkan kartu kredit.

Misalnya, Anda mungkin harus membayar uang jaminan sebesar $2.500 kepada pemilik rumah untuk menyewa tempat atau uang jaminan sebesar $500 kepada bank Anda untuk mendapatkan kartu kredit.

Lebih buruk lagi, aplikasi Anda bahkan mungkin ditolak oleh beberapa penyedia layanan seperti penyedia asuransi atau pinjaman.

Jadi, bagaimana Anda mulai membangun skor kredit Anda?

Biasanya, Anda perlu memiliki produk kredit seperti pinjaman atau kartu kredit, untuk mulai membangun nilai kredit Anda.

Namun, untuk mendapatkan pinjaman atau kartu kredit, perusahaan keuangan pertama-tama membutuhkan Anda untuk memiliki skor kredit. Masalah klasik ‘ayam-atau-telur’!

Baca Juga :  Dukung Pemulihan Ekonomi, OJK Implementasikan Skema Kredit Melawan Rentenir Melalui TPAKD

Untungnya, masih ada cara untuk mulai membangun skor kredit Anda sejak hari pertama di AS – lebih lanjut tentang itu sebentar lagi.

Namun, sebelum itu, mari kita buat cadangan dan menjawab beberapa pertanyaan penting.

Apa itu skor kredit?

Ini dihitung oleh organisasi yang dikenal sebagai biro kredit. Biro kredit menganalisis riwayat kredit dan pembayaran Anda untuk menghitung skor kredit Anda.

Skor ini kemudian digunakan oleh lembaga keuangan, calon pemberi pinjaman, dan lainnya untuk menentukan apakah Anda bisa mendapatkan kredit dan persyaratan di mana Anda mendapatkannya, dengan melihat kemungkinan bahwa Anda akan melakukan pembayaran tepat waktu.

Skor kredit utama yang digunakan di AS adalah skor FICO, yang digunakan oleh lebih dari 90% pemberi pinjaman AS.

Bagaimana skor kredit dihitung?

Biasanya, skor kredit dihitung berdasarkan riwayat kredit Anda, yang memiliki beberapa komponen seperti – jumlah akun kredit, akun terlama, pembayaran terlambat, dan jumlah pertanyaan terbaru untuk skor kredit Anda.

Berapa skor kredit terendah dan tertinggi?

Skor FICO terendah yang mungkin adalah 300 dan tertinggi adalah 850.

Baca Juga :  What to look for in a credit card for bad credit

FICO mendefinisikan kredit ‘baik’ antara 670-739, ‘sangat baik’ sebagai 740-799, dan ‘luar biasa’ sebagai 800-850.

Apa faktor utama yang mempengaruhi skor kredit?

Umumnya, lima faktor dipertimbangkan dalam menghitung skor FICO Anda. Faktor-faktor tersebut juga memiliki bobot skor yang berbeda.

  • Riwayat pembayaran (35%) – Faktor terpenting dalam skor FICO, terhitung 35%. Ini menunjukkan apakah Anda telah melakukan pembayaran untuk produk kredit sebelumnya dan saat ini tepat waktu
  • Jumlah terutang (30%) – Sebentar lagi, terhitung 30%. Ini menunjukkan apakah Anda menggunakan persentase tinggi dari batas kredit yang tersedia untuk Anda di seluruh produk kredit Anda. Jika katakanlah batas kredit Anda pada kartu kredit Anda adalah $1.000/bulan dan Anda menggunakan $900 setiap bulan, itu menyiratkan bahwa Anda terlalu banyak bekerja dan berkontribusi negatif terhadap skor Anda
  • Panjang riwayat kredit (15%) – Ini menunjukkan berapa lama Anda memiliki produk kredit, dan secara umum, riwayat kredit yang lebih panjang meningkatkan skor Anda
  • Campuran kredit (10%) – Ini mewakili campuran produk kredit yang Anda miliki – mis. kartu kredit, cicilan pinjaman, hipotek dll. Biasanya, semakin baik Anda mengelola berbagai jenis produk kredit, semakin baik skor Anda
  • Kredit baru (10%) – Jika Anda membuka beberapa produk kredit dalam jangka waktu singkat atau bahkan mengajukan beberapa produk dengan cepat, skor Anda biasanya terpengaruh secara negatif
Baca Juga :  Laju Kredit dan Pembiayaan Perbankan Tumbuh Double Digit, BI: Dukung Pemulihan Ekonomi

Setelah Anda mendapatkan produk kredit dan mulai mengelolanya secara bertanggung jawab, skor kredit Anda biasanya meningkat seiring waktu. Pertama-tama, enam bulan pembayaran kredit tepat waktu biasanya dapat membantu Anda mendapatkan skor kredit FICO yang wajar.

Seiring waktu, Anda dapat meningkatkan dan mendiversifikasi produk kredit Anda.

Saat Anda melakukan pembayaran tepat waktu, pastikan Anda tidak menggunakan persentase yang tinggi dari batas kredit Anda, bangun riwayat pembayaran yang lebih lama (misalnya dengan tetap mengaktifkan akun kredit lama Anda), diversifikasi produk kredit Anda dan pastikan Anda tidak mengajukan permohonan untuk terlalu banyak produk kredit sekaligus, skor FICO Anda kemungkinan besar akan meningkat.